Tips Merawat Mobil Mitsubishi Mesin Diesel

0Shares

Tips Merawat Mobil Mitsubishi Mesin Diesel. Mobil Mitsubishi123 – Meski telah ditemukan sejak tahun 1933 nyatanya bahwa mesin diesel baru digunakan oleh pihak Mitsubishi pada awal tahun 1970an. Sejak diluncurkan kendaraan dengan mesin diesel di Indonesia, penerimaan pasar sangat memuaskan tiap tahunnya. Kendaraan mesin diesel mampu memaksimalkan daya yang luar biasa hingga kapasitas mesin meningkat drastis. Hemat bahan bakar merupakan manfaat yang sangat disukai pengguna Mitsubishi disebagian masyarakat Indonesia.

Tips Merawat Mobil Mitsubishi Mesin Diesel

Hal inilah yang menjadikan banyak pabrikan otomotif berlomba-lomba untuk menerapkan mesin dengan menggunakan diesel yang mana solar menjadi minuman untuk power yang dihasilkan dari kuda besi ini. Bagi Anda yang telah memiliki mobil Mitsubishi yang menggunakan mesin diesel ada baiknya untuk menjaga dengan baik agar usia pakai dari mobil Mitsubishi bisa perpanjang lebih lama. Berikut ini ada beberapa tips yang bisa Anda gunakan untuk merawat mobil Mitsubishi Anda yang menggunakan mesin diesel yang kami sadur dari mitsubishitrans.com

1. Memakai jenis solar yang berkualitas bagus

Cara merawat mesin mobil Mitsubishi bermesin diesel yang telah dilengkapi teknologi common rail injection seperti Mitsubishi Strada Triton atau Mitsubishi Pajero Sport, sebaiknya Anda memilih bahan bakar solar bersulfur rendah. Memakai solar yang memiliki kandungan sulfur tinggi atau di atas 5000 ppm akan mengakibatkan masalah buruk pada pemampetan saluran valve. Bisa jadi, mesin diesel Anda mati mendadak dan tersendat saat dipaksa menyalakan.

2. Mengganti filter secara berkala

Jika Anda siap melesat dengan mobil Mitsubishi maka sebaiknya rajin mengganti filter secara berkala setidaknya per 16.000 kilometer. Penggantian filter yang teratur akan membuang kotoran yang masuk ke mesin. Hal ini juga bermanfaat mengurangi asap hitam yang keluar dari knalpot mobil Mitsubishi.

3. Mematikan mesin diesel dalam beberapa saat

Tahukah Anda bahwa kerusakan mesin atau umur mesin mobil Mitsubishi berjangka pendek karena kesalahan pengguna yang suka mematikan mesin secara instan? Ya, cara merawat mesin mobil Mitsubishi yang menggunakan turbochanger adalah mematikannya dalam beberapa menit. Jangan langsung dimatikan untuk mendinginkan oil cooler terlebih dahulu.

4. Memanaskan mesin terlebih dahulu sebelum berkendara

Mesin diesel perlu dipanaskan terlebih dahulu agar bisa memaksimalkan pemerataan oli. Anda bisa melakukan pemanasan mesin mobil Mitsubishi setidaknya 2 detik hingga kurang lebih 5 menit.

5. Menggunakan oli yang berkualitas

Cara merawat mesin mobil Mitsubishi adalah memilih jenis oli berkualitas baik agar proteksi mesin bisa maksimal. Ada baiknya membeli pelumas yang diluncurkan pihak Mitsubishi yang tentu spesifikasinya cocok untuk kendaraan mesin diesel baik penumpang atau kebutuhan niaga berat atau melalui medan yang ekstrem misalnya Mitsubishi Fuso Genuine Oil HD GP SAE 15W-40 API DH-1.

6. Rajin membersihkan filter hawa

Debu bisa membuat kehausan pada daerah bakar jika Anda tidak rajin membersihkan filter hawa. Sebaiknya Anda selalu membersihkan bagian ini tiap 20 ribu kilometer agar tidak ada debu yang ikut masuk ke daerah mesin mobil Mitsubishi.

7. Jangan pernah membiarkan tangki solar kosong

Cara merawat mesin mobil Mitsubishi yang menggunakan mesin diesel adalah tidak pernah membiarkan tangki solar sampai kosong sama sekali. Injection pump pun harus dipompa kalau sampai Anda membiarkan tangki solar kosong. Setidaknya Anda lekas mengisi bahan bakar hingga sepertiga tangki agar kinerja mesin bisa maksimal dan tentu saja bisa berumur panjang.